PERENCANAAN KEUANGAN DALAM BISNIS
Friday, 23 June 2023
Nama : Anas Ariansyah
NIM : 20210201097
Makul : Kewirausahan 2 (UNV 322)
Jurusan : Teknik Industri
Dosen Pengampu : ANDI HIDAYAT MUHMIN , SE, MM.
PERENCANAAN KEUANGAN DALAM BISNIS LAUNDRY CLEAN N CLEAR
1. Pendahuluan :
Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkatkeinginan yang sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pasar, makaakan lebih mudah untuk memuaskan keinginan target. Secara umum, segmen pasar dari laundry ini secara geografis, yaitu masyarakat Jakarta yang berdomisilidi Jl. Masjid Darul Falah. Sedangkan berdasarkandemografis, yaitu para pelajar, mahasiswa, dan karyawan, baik pria maupunwanita yang berusia 15-45 tahun, dan berpenghasilan Rp.600.000-Rp.5.000.000 per bulan.
Dalam menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkanadalah harga yang merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasarkami adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uang saku yang terbatas.Adapun jumlah pesaing dalam bisnis yang serupa di sekitar lokasiusaha kami cukup banyak, sehingga dalam penetapan harga Laundry Clean n Clear tidak menentukan pada harga yang tinggi.Untuk jenis pakaian (termasuk kaos, kemeja, celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg), Laundry Clean n Clear menetapkan hargaRp. 6000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non pakaian yangmembutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda. Adapun harga-harga untuk layanan cuci dan setrika non pakaian adalah:
No. |
Jenis Barang |
Harga Pencucian |
1. |
Jas |
Rp. 15.000/pc |
2. |
Selimut Kecil |
Rp. 10.000/pc |
3. |
Selimut Besar |
Rp. 15.000/pc |
4. |
Bedcover Standard |
Rp. 15.000/pc |
5. |
Bedcover Besar |
Rp. 23.000/pc |
6. |
Sepatu |
Rp 15.000/pasang |
7. |
Tas Kecil |
Rp. 10.000/pc |
8. |
Tas Besar |
Rp. 15.000/pc |
9. |
Boneka Kecil |
Rp. 7.500/pc |
10. |
Boneka Sedang |
Rp. 10.000/pc |
11. |
Boneka Besar |
Rp. 15.000/pc |
12. |
Karpet Kecil |
Rp. 15.500/pc |
13. |
Karpet Besar |
Rp. 23.000/pc |
14. |
Gordyn Kecil |
Rp. 8.000/pc |
15. |
Gordyn Sedang |
Rp. 10.000/pc |
16. |
Gordyn Besar |
Rp. 15.000/pc |
2. Perencanaan Keuangan :
Bahan baku
Berikut ini adalah kebutuhan bahan baku untuk usaha laundry (per bulan).
Daftar Bahan Baku yang Digunakan
No. |
Nama Barang |
Kebutuhan rata-rata perBulan (dalam Rupiah |
||
|
|
Unit |
Harga/unit |
Total Harga |
1. |
Detergen Bubuk |
20 KG |
8.500/Kg |
170.000 |
2. |
Detergent Cair |
5 liter |
8.000/liter |
40.000 |
3. |
Pewangi |
6 liter |
7.500/liter |
45.000 |
4 |
Softener |
6 liter |
8.000/liter |
48.000 |
|
Total |
|
|
303.000 |
Daftar Peralatan yang Digunakan
No. |
Nama Barang |
Kebutuhan Rata-Rata per Bulan(dalam rupiah) |
||
Unit |
Harga/unit |
Total Harga |
||
1. |
Mesin Cuci |
2 unit |
2.500.000/unit |
5.000.000 |
2. |
Mesin Pengering |
1 unit |
4.000.000/unit |
4.000.000 |
3. |
Setrika Uap |
1 unit |
450.000/unit |
450.000 |
4. |
Mesin Steamer |
1 unit |
1.500.000/unit |
1.500.000 |
5. |
Mesin Spoting |
1 unit |
1.000.000/unit |
1.000.000 |
6. |
Komputer |
1 unit |
2.500.000/unit |
2.500.000 |
Total |
14.450.000 |
Daftar Perlengkapan yang Digunakan
No. |
Nama Barang |
Kebutuhan Rata-Rata per Bulan(dalam rupiah) |
||
Unit |
Harga/unit |
Total Harga |
||
1. |
Timbangan duduk |
1 unit |
40.000/unit |
140.000 |
2. |
Hanger |
5 lusin |
15.000/lusin |
75.000 |
3. |
Jepit pakaian |
5 lusin |
6.800/lusin |
34.000 |
4. |
Botol Spray |
2 botol |
8.000/botol |
16.000 |
5. |
Ember |
5 unit |
20.000/unit |
100.000 |
6. |
Keranjang |
2 unit |
35.000/unit |
70.000 |
7. |
Nota Bon |
500 set |
180/set |
90.000 |
8. |
Plastik (40x60) |
3 kg |
22.000/kg |
66.000 |
9. |
Rak Baju |
1 unit |
150.000/unit |
150.000 |
10. |
Alat Tulis kantor(pulpen,stepler,buku tulis,dll) |
|
|
100.000 |
|
Total |
|
|
841.000 |
Berasal dari modal sendiri.
Sumber Pendanaan
No. |
Berasal dari modal sendiri |
|
1. |
Biaya peralatan |
Rp. 14.450.000 |
2. |
Biaya perlengkapan |
Rp. 841.000 |
3. |
Bahan Baku |
Rp. 303.000 |
4. |
Beban Sewa |
Rp. 500.000 |
5. |
Beban Iklan |
Rp. 500.000 |
6. |
Transport |
Rp. 150.000 |
Jumlah |
Rp. 16.744.000 |
Total modal yang harus dikeluarkan untuk awal memulai usaha sebesar Rp.16.744.000.
BEP (Break Even Point)
Break Even point
merupakan estimasi kasar untuk menghitung berapalama modal yang dikeluarkan akan kembali.
a) Estimasi untuk jenis pakaian (berdasarkan hitungan kilogram) Estimasi dalam 1 bulan Kuantitas = 10 kg x 30 hari = 300 kg Harga = 300 kg x Rp 6.000 (harga per kilogram) = Rp. 1.800.000
b) Estimasi untuk jenis non pakaian
Kuantitas = 2 pc tiap jenis (16 jenis non pakaian) x harga pencucianAsumsi : (2 pc jas x Rp. 15.000) + (2 pc selimut kecil x Rp. 10.000) + (2 pc bedcover besar x Rp. 23.000) + (2 pc x 13 jenis non pakaianlainnya x harga pencuciannya masing-masing)Maka, jumlah seluruh harga untuk jenis non pakaian sebesar Rp. 444.000Jadi, Penjualan = Rp. 1.800.000 + Rp. 444.000= Rp. 2.244.000
Biaya variabel merupakan biaya yang bertambah, jika kuantitas penjualanatas suatu produk bertambah. Dalam bisnis laundry, biaya variabelmeliputi: Sabun deterjen, pewangi, tenaga kerja langsung, pembungkusan, dll.
Biaya tetap
Biaya tetap merupakan biaya yang tetap dan tidak dipengaruhi dengankuantitas penjualan dalam suatu produk. Dalam bisnis laundry, biayatetap meliputi: Peralatan, tenaga kerja tidak langsung, perlengkapan,telepon, listrik, air, promosi, sewa tempat, dll.
Analisis Biaya Tetap
No. |
Jenis Biaya Tetap |
Harga |
|
1. |
Peralatan |
Rp. 14.450.000 |
|
2. |
Perlengkapan |
Rp. 775.000 |
|
3. |
Gaji Karyawan |
Rp. 3.600.000 |
|
Bag. Keuangan (Rp.1.200.000x1 orang) |
|||
Bag. Administrasi (Rp.1000.000x1 orang) |
|||
Karyawan Bagian operasional dan pemasaran(Rp.700.000 x 2orang |
|||
4. |
Biaya telepon, air, listrik |
Rp. 600.000 |
|
5. |
Sewa Tempat |
Rp. 500.000 |
|
6. |
Biaya Promosi |
Rp. 500.000 |
|
7. |
Transportasi |
Rp. 150.000 |
|
8. |
Beban Penyusutan |
Rp. 1.890.000 |
|
|
Total Biaya |
Rp. 22.465.000 |
|
Analisis Biaya Variabel
Analisis Biaya Variabel
|
||
No. |
Jenis Biaya Variabel |
Harga |
1. |
Bahan Baku |
Rp. 303.000 |
2. |
Pembungkusan (Plastik 40x60) |
Rp. 66.000 |
Total Biaya Variabel |
Rp. 369.000 |
PROYEKSI LAPORAN ARUS KAS 5 TAHUN KE DEPAN
LAUNDRY CLEAN N CLEAR
Proyeksi Aliran Kas Usaha ( Berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 % / tahun ).
Cara Laundry Clean
n Clear dalam mengatasi
resiko tersebut adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengatasi keluhan konsumen tetang kelunturan baju, LaundryClean n Clear
mengambil langkah dengan berusaha semaksimalmungkin untuk membersikan atau menghilangkan kelunturan bajutersebut. Sebelumnya Laundry Clean n Clear telah menetapkan aturan bahwa bila ada baju yang luntur harus diberi tahu, dan bila tidakdiberitahu saat terjadi kelunturan, maka bukan menjadi tanggung jawab dari Laundry Clean n Clear lagi.
2. Untuk mengatasi keadan baju konsumen yang tertukar, maka LaundryClean n Clear
memberikan tanda-tanda berupa nama pada baju-bajukonsumen dan bila ada permintaan langsung oleh konsumen, LaundryClean n Clear memisahkan pencucian pakaian berdasarkan nama. Danmembedakan pakaian yang berwarna dan putih, sekaligus mendata pada awalpemasukan cucian.
3. Untuk mengatasi cucian yang berwarna putih, biasanya Laundry Clean n Clear memisahkan cucian tersebut dengan pakaian yang berwarna.Kemudian menambahkan pemutih, sehingga baju tersebut tetap putihdan tidak berubah warna.
Komentar
Posting Komentar