PERENCANAAN KEUANGAN DALAM BISNIS

Friday, 23 June 2023

Nama   : Anas Ariansyah

NIM      : 20210201097

Makul   : Kewirausahan 2 (UNV 322)

Jurusan : Teknik Industri

Dosen Pengampu : ANDI HIDAYAT MUHMIN , SE, MM.
 
PERENCANAAN KEUANGAN DALAM BISNIS LAUNDRY CLEAN N CLEAR
1. Pendahuluan :

Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkatkeinginan yang sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pasar, makaakan lebih mudah untuk memuaskan keinginan target. Secara umum, segmen pasar dari laundry ini secara geografis, yaitu masyarakat Jakarta yang berdomisilidi Jl. Masjid Darul Falah. Sedangkan berdasarkandemografis, yaitu para pelajar, mahasiswa, dan karyawan, baik pria maupunwanita yang berusia 15-45 tahun, dan berpenghasilan Rp.600.000-Rp.5.000.000 per bulan.

 

Dalam menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkanadalah harga yang merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasarkami adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uang saku yang terbatas.Adapun jumlah pesaing dalam bisnis yang serupa di sekitar lokasiusaha kami cukup banyak, sehingga dalam penetapan harga Laundry Clean n Clear tidak menentukan pada harga yang tinggi.Untuk jenis pakaian (termasuk kaos, kemeja, celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg), Laundry Clean n Clear  menetapkan hargaRp. 6000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non pakaian yangmembutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda. Adapun harga-harga untuk layanan cuci dan setrika non pakaian adalah:

 

No.

Jenis Barang

Harga Pencucian

1.

Jas

Rp. 15.000/pc

2.

Selimut Kecil

Rp. 10.000/pc

3.

Selimut Besar

Rp. 15.000/pc

4.

Bedcover Standard

Rp. 15.000/pc

5.

Bedcover Besar

Rp. 23.000/pc

6.

Sepatu

Rp 15.000/pasang

7.

Tas Kecil

Rp. 10.000/pc

8.

Tas Besar

Rp. 15.000/pc

9.

Boneka Kecil

Rp. 7.500/pc

10.

Boneka Sedang

Rp. 10.000/pc

11.

Boneka Besar

Rp. 15.000/pc

12.

Karpet Kecil

Rp. 15.500/pc

13.

Karpet Besar

Rp. 23.000/pc

14.

Gordyn Kecil

Rp. 8.000/pc

15.

Gordyn Sedang

Rp. 10.000/pc

16.

Gordyn Besar

Rp. 15.000/pc

 

2. Perencanaan Keuangan :

 

Bahan baku

Berikut ini adalah kebutuhan bahan baku untuk usaha laundry (per bulan).

 

Daftar Bahan Baku yang Digunakan

 

No.

Nama Barang

Kebutuhan rata-rata perBulan (dalam Rupiah

 

 

Unit

Harga/unit

Total Harga

1.

Detergen Bubuk

20 KG

8.500/Kg

170.000

2.

Detergent Cair

liter

8.000/liter

40.000

3.

Pewangi

liter

7.500/liter

45.000

4

Softener

liter

8.000/liter

48.000

 

Total

 

 

303.000

 

Daftar Peralatan yang Digunakan

 

No.

Nama Barang

Kebutuhan Rata-Rata per Bulan(dalam rupiah)

Unit

Harga/unit

Total Harga

1.

Mesin Cuci

unit

2.500.000/unit

5.000.000

2.

Mesin Pengering

1 unit

4.000.000/unit

4.000.000

3.

Setrika Uap

1 unit

450.000/unit

450.000

4.

Mesin Steamer

1 unit

1.500.000/unit

1.500.000

5.

Mesin Spoting

1 unit

1.000.000/unit

1.000.000

6.

Komputer

unit

2.500.000/unit

2.500.000

Total

14.450.000

 

Daftar Perlengkapan yang Digunakan

 

No.

Nama Barang

Kebutuhan Rata-Rata per Bulan(dalam rupiah)

Unit

Harga/unit

Total Harga

1.

Timbangan duduk

unit

40.000/unit

140.000

2.

Hanger

5 lusin

15.000/lusin

75.000

3.

Jepit pakaian

5 lusin

6.800/lusin

34.000

4.

Botol Spray

2 botol

8.000/botol

16.000

5.

Ember

5 unit

20.000/unit

100.000

6.

Keranjang

2 unit

35.000/unit

70.000

7.

Nota Bon

500 set

180/set

90.000

8.

Plastik (40x60)

3 kg

22.000/kg

66.000

9.

Rak Baju

1 unit

150.000/unit

150.000

10.

Alat Tulis kantor(pulpen,stepler,buku tulis,dll)

 

 

100.000

 

Total

 

 

841.000

 

Berasal dari modal sendiri.

Sumber Pendanaan

 

No.

Berasal dari modal sendiri

1.

Biaya peralatan

Rp. 14.450.000

2.

Biaya perlengkapan

Rp. 841.000

3.

Bahan Baku

Rp. 303.000

4.

Beban Sewa

Rp. 500.000

5.

Beban Iklan

Rp. 500.000

6.

Transport

Rp. 150.000

Jumlah

Rp. 16.744.000

 

Total modal yang harus dikeluarkan untuk awal memulai usaha sebesar Rp.16.744.000.

 

BEP (Break Even Point)

 Break Even point 

 merupakan estimasi kasar untuk menghitung berapalama modal yang dikeluarkan akan kembali.

 

a) Estimasi untuk jenis pakaian (berdasarkan hitungan kilogram) Estimasi dalam 1 bulan Kuantitas = 10 kg x 30 hari = 300 kg Harga = 300 kg x Rp 6.000 (harga per kilogram) = Rp. 1.800.000

 

b) Estimasi untuk jenis non pakaian

 

Kuantitas = 2 pc tiap jenis (16 jenis non pakaian) x harga pencucianAsumsi : (2 pc jas x Rp. 15.000) + (2 pc selimut kecil x Rp. 10.000) + (2 pc bedcover besar x Rp. 23.000) + (2 pc x 13 jenis non pakaianlainnya x harga pencuciannya masing-masing)Maka, jumlah seluruh harga untuk jenis non pakaian sebesar Rp. 444.000Jadi, Penjualan = Rp. 1.800.000 + Rp. 444.000= Rp. 2.244.000

Biaya variabel merupakan biaya yang bertambah, jika kuantitas penjualanatas suatu produk bertambah. Dalam bisnis laundry, biaya variabelmeliputi: Sabun deterjen, pewangi, tenaga kerja langsung, pembungkusan, dll.

 

Biaya tetap

Biaya tetap merupakan biaya yang tetap dan tidak dipengaruhi dengankuantitas penjualan dalam suatu produk. Dalam bisnis laundry, biayatetap meliputi: Peralatan, tenaga kerja tidak langsung, perlengkapan,telepon, listrik, air, promosi, sewa tempat, dll.

 

 

Analisis Biaya Tetap

 

No.

Jenis Biaya Tetap

Harga

1.

Peralatan

Rp. 14.450.000

2.

Perlengkapan

Rp. 775.000

3.

Gaji Karyawan

Rp. 3.600.000

Bag. Keuangan (Rp.1.200.000x1 orang)

Bag. Administrasi (Rp.1000.000x1 orang)

Karyawan Bagian operasional dan pemasaran(Rp.700.000 x 2orang

4.

Biaya telepon, air, listrik

Rp. 600.000

5.

Sewa Tempat

Rp. 500.000

6.

Biaya Promosi

Rp. 500.000

7.

Transportasi

Rp. 150.000

8.

Beban Penyusutan

Rp. 1.890.000

 

Total Biaya

Rp. 22.465.000





 

 

 

 

Analisis Biaya Variabel

 

Analisis Biaya Variabel

 

No.

Jenis Biaya Variabel

Harga

1.

Bahan Baku

Rp. 303.000

2.

Pembungkusan (Plastik 40x60)

Rp. 66.000

Total Biaya Variabel

Rp. 369.000

 

 

 

PROYEKSI LAPORAN ARUS KAS 5 TAHUN KE DEPAN

 LAUNDRY CLEAN N CLEAR

 

Proyeksi Aliran Kas Usaha ( Berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 % / tahun ).

 

 

Cara  Laundry Clean n Clear dalam mengatasi resiko tersebut adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengatasi keluhan konsumen tetang kelunturan baju, LaundryClean n Clear 

 mengambil langkah dengan berusaha semaksimalmungkin untuk membersikan atau menghilangkan kelunturan bajutersebut. Sebelumnya Laundry Clean n Clear telah menetapkan aturan bahwa bila ada baju yang luntur harus diberi tahu, dan bila tidakdiberitahu saat terjadi kelunturan, maka bukan menjadi tanggung jawab dari Laundry Clean n Clear lagi.

 

2. Untuk mengatasi keadan baju konsumen yang tertukar, maka LaundryClean n Clear

memberikan tanda-tanda berupa nama pada baju-bajukonsumen dan bila ada permintaan langsung oleh konsumen, LaundryClean n Clear memisahkan pencucian pakaian berdasarkan nama. Danmembedakan pakaian yang berwarna dan putih, sekaligus mendata pada awalpemasukan cucian.

 

3. Untuk mengatasi cucian yang berwarna putih, biasanya Laundry Clean n Clear memisahkan cucian tersebut dengan pakaian yang berwarna.Kemudian menambahkan pemutih, sehingga baju tersebut tetap putihdan tidak berubah warna.

 

Komentar

Postingan Populer