Customer Value Proposition (CVP)

Friday, 05 May 2023

 

Name     : Anas Ariansyah

NIM       : 20210201097

Jurusan : Teknik Industri

Makul    : Kewirausahaan (UNV 322)

 

Tugas Sesi 5

 

Customer Value Proposition (CVP)

 

ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
- Jasa yang Dihasilkan
1.    Jasa Cuci dan Kering
Menyediakan layanan jasa menyuci dan mengeringkan pakaian. Untuk jasa menyuci dan mengeringkan ini di kenakan biaya Rp. 5000/kg. Dengan metode-metode pencucian yang baik,  seperti :
a.     Memilih pakaian sebelum mencuci berdasarkan tingkat kekotorannya. Laundry Anasty Clean  tidak menggabungkan pakaian yang berlumpur dengan baju-baju yang di pakai sehari-hari karena pakaian yang tadinya bersih bisa  terkontaminasi kotoran.
b.     Tidak merendam kaos, celana, baju, dan lain-lain yang disablon terlalu lama lebih dari satu jam di dalam larutan detrjen agar tidak rusak.
c.     Apabila kami menerima baju bekas/second yang pernah dipakai orang lain maka kami cuci pakaian tersebut dengan deterjen yang dapat membunuh kuman agar penyakit-penyakit yang menempel di baju tersebut dapat bersih.
d.     Pada bilasan terakhir, Laundry kami biasanya menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian untuk hasil pencucian yang terbaik.
2.    Jasa Cuci, Kering dan Setrika
Menyediakan layanan jasa mencuci, mengeringkan dan menyetrika. Dikenakan biaya Rp 6000/kg untuk jasa cuci, kering dan setrika ini. Untuk jasa setrika,  Laundry Anasty Clean akan memberikan pelayanan yang terbaik seperti:
a.     Menggu nakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrikaan lebih bagus, tidak kusut dan harum baunya.
b.     Untuk kaos dan pakaian lain yang ada sablon, disetrika setelah di balik dimana yang tersetrika adalah bagian sisi yang lainnya agar sablonan awet tidak ngelotok, rusak atau luntur terkena suhu panas.
c.     Menyetrika baju sesuai aturan yang tertera pada label pesan perlakuan pakaian yang biasanya ada di bagian leher atau pinggang. Mempelajari suhu-suhu yang perlu di atur untuk setiap jenis bahan agar tidak salah setrika.
3.    Layanan Antar Jemput
Laundry Anasty Clean juga menyediakan jasa layanan antar jemput untuk memudahkan pelanggannya. Untuk jasa ini dikenakan biaya sebesar Rp. 3000.
4.    Fasilitas kupon untuk Konsumen yang sering Menggunakan Layanan Dyscha   Laundry   menyediakan  jasa   fasilitas   kupon   bonus   untuk konsumen yang sering menggunakan layanan laundry kami. Konsumen yang  sudah  memiliki  10  kupon,  akan  di  berikan  potongan  dalam menggunakan jasa-jasa yang kami tawarkan.

- Keunggulan Produk
1.    Tempat yang nyaman dan nyaman.
2.    Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
3.    Harga terjangkau.
4.    Menggu nakan bahan-bahan yang  tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.
5.    Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan dan proses setrika.
6.    Tersedia  setrika  uap  yang  dapat  digunakan  untuk  menyetrika pakaian dari bahan khusus.
7.    Sabun bermutu baik.
8.    Menggunakan pewangi pakaian tahan lama.
9.    Cucian tidak di campur dengan orang lain.
10. Control terhadap kepemilikkan baju yang baik, sehinngga tidak ada baju yang hilang.
11. Perawatan warna baju yanga baik.
12. Diskon untuk 10 kali cuci.
13. Layanan antar jemput.

- Gambaran Pasar
 
Bisnis laundry dari jenis yang paling sederhana dikenal dengan cuci-setrika. Bisnis ini biasanya menjamur di daerah yang banyak terdapat kos-kosan atau rumah kontrakkan, dimana penyewa kos atau kontrakkan tak sempat atau tak bias melakukan cuci dan setrika baju sendiri. Biasanya ini di kerjakan oleh pembantu atau panjaga kos-kosan itu.
Dalam kurun waktu beberapa tahun terkhir juga menjamur bisnis sejenis yang menggunakan waralaba lokal dan sistem agensi yang bisa memberikan layanan dengan harga lebih terjangkau. Layanan, yang tadinya hanya di peruntukkan bagi masyarakat kelas atas, kini bias dinikmati masyarakat kelas menengah kebawah.
Tak berhenti sampai di situ, kombinasi antar layanan murah dengan layanan cuci-setrika tadi berkembang lebih kreatif lagi dengan munculnya Laundry kiloan. Yaitu laundry biasa, tapi dengan harga yang dibayarkan berdasarkan hitungan kilogram (bukan per potong pakaian). Banyak orang di kota besar yang tidak bias membagi waktunya untuk mencuci pakaiannya sendiri, rasanya sangat sedikit. Karena mereka umumnya sejak pagi sudah bergelut dengan pekerjaannya ataupun kuliah, pulang larut malam, dan hanya ada satu dibenak pikiran yaitu istirahat.
Masyarakat merasa sangat terbantu oleh jasa Laundry tersebut. Tinggal taruh barang, dua atau tiga hari kemudian bisa di ambil dalam keadaan sudah disetrika rapi. Lebih praktis, tidak repot dan murah. Pakaian pun siap di pakai.
Laundry juga sangat membantu warga yang bersiap  ditinggal mudik pembantu. Banyak warga mulai mencari-cari Laundry yang tetap buka saat lebaran. Selain itu, Laundry juga banyak menerima cucian bagi anak kos khususnya para mahasiswa, karena dirasa harga laundry kiloan murah dan sangat terjangkau untuk kantong mahasiswa. Berdasarkan keterangan di atas kami yakin bahwa bisnis akan memiliki prospek yang jelas.
Ditinjau dari jumlah penduduk terhadap aktivitas mereka di luar rumah, maka kami optimis bahwa bisnis laundry yang akan dijalankan akan berhasil. Apalagi dengan adanya usaha laundry ini akan membantu pekerjaan cuci dan setrika pakaian bagi mereka yang selalu sibuk beraktivitas di luar rumah.
Estimasi proyeksi permintaan konsumen dalam beberapa periode / tahun mendatang dengan fungsi kenaikan x % per tahun sesuai kenaikan jumlah penduduk, yaitu bertambahnya jumlah mahasiswa, pelajar, dan karyawan yang tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah dan sekitarnya.
 
 
Pada tabel di atas, estimasi proyeksi permintaan konsumen naik sebesar 25% setiap bulan dengan estimasi 300 kg pada bulan pertama, sehingga dalam 1 tahun, yaitu pada tahun 2014, jumlah perkiraan permintaan sebesar 12.770 kg dan untuk perkiraan permintaan tahun selanjutnya, estimasi kenaikan permintaan juga dihitung sebesar 25 % / tahun.


Key Patners

 

(Key Patners)

 

-   Supplier Bahan baku

-   Bank/Credit card

 

 

 

 

 

 

Key Activities

 

(Key Activities)

 

-  Layanan Laundry

-  Promosi

 

 

 

 

Value Propositions

 

(Value Propositions)

 

-    Produk Premium

-    Kenyamanan fasilitas tempat

-    Berkualitas dan bergaransi

Customer Relationships

 

(Customer Relationships)

 

-   Membership

 

 

 

Customer Segments

 

 

(Customer Segments)

 

-  Pelajar/Mahasiswa

-   Keluarga Muda.

-  Para pekerja swasta.

-   Masyarakat (PNS/Tentara/dl).

 

Key Resources

 

(Key Resources)

 

-  People/Tenaga Kerja

-  Perawatan alat dan bahan baku

Channels

 

(Channels)

 

-  Outlet : Berlokasi di Pertukangan Utara, Jakarta Selatan

 

 

 

Cost Structure

 

(Cost Structure)

 

-          Perawatan dan pemeliharaan

-          Biaya Promosi

-          Tenaga kerja

-          Penunjang operasional

-          Variable cost

 

 

Revenue Streams

 

(Revenue Streams)

 

-          Extream

-          Full total

-          Interior dan Exterior

 

 


Customer value proposition memiliki 4 kriteria umum yang perlu Anda ketahui, antara lain: 1. Produk Yang pertama adalah produk apa yang Anda tawarkan. Fitur dan keunggulan apa saja yang produk tersebut miliki, serta unique selling point atau unique selling proposition apa yang bisa Anda tonjolkan dari produk tersebut. Sebab dengan unique selling proposition (USP), peluang bagi produk Anda untuk lebih standout dan berbeda dari pesaing akan semakin terbuka lebar. Dengan demikian, produk Anda akan lebih mudah menarik perhatian pelanggan.

2. Segmen dan Target Market Setiap bisnis tentunya memiliki sasaran pasar atau target masing-masing. Oleh sebab itu, pastikan Anda melakukan market research atau riset pasar secara mendalam guna mengetahui siapa target pasar Anda. Anda bisa melakukan segmentasi (STP) dan klasifikasi target dengan memahami market temperature terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah Anda sudah membidik target pasar yang tepat. Sebab apabila Anda menyasar target yang salah, maka CVP yang Anda buat pun akan sia-sia. Karena target dalam segmen tersebut tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang fashion remaja. Tentu saja target pasar Anda adalah remaja usia sekolah hingga dewasa muda. Anda tidak mungkin menyasar target pasar usia lansia, bukan?

3. Penetapan Harga Pricing atau penetapan harga menjadi aspek penting dalam bauran pemasaran (marketing mix). Rupanya aspek yang satu ini juga tak kalah penting dalam CVP. Sebab selain kualitas, salah satu hal yang paling customer perhatikan sebelum membeli barang adalah mengecek harganya. Jika harga yang Anda tawarkan terlalu mahal, maka bukan hal yang mustahil apabila Anda tidak mendapatkan pelanggan. Sebaliknya, Anda juga tidak bisa mematok harga terlalu murah atau bisnis Anda tidak memperoleh profit dan revenue yang seimbang. Oleh sebab itu, pastikan Anda menentukan harga wajar yang sesuai dengan daya tawar pembeli, serta mendatangkan untung bagi perusahaan.

4. Nilai atau Value Nilai porduk yang Anda tawarkan juga menjadi salah satu kriteria utama dalam CVP. Artinya, produk tersebut harus bernilai dan memberikan manfaat bagi customer setelah menggunakannya. Value di sini memiliki banyak arti. Bukan hanya manfaat dasar seperti dapat membantu memudahkan aktivitas sehari-hari (fungsionalitasnya) saja. Melainkan juga value dalam hal estetika, simbolis, dan lain sebagainya. Contohnya, pencucian pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam memberikan kepuasan kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat memberikan citra yang baik pada usaha laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari dimensi kehandalan, keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud. Dalam bidang pemasaran, pengembangan suatu produk jasa sangatlah penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Jasa pada dasarnya bersifat  tidak  berwujud,  maka  setiap  orang  yang  mengkonsumsinya memiliki pengalaman yang berbeda-beda terhadap produk yang sama. Untuk itulah kualitas jasa pelayanan harus menjadi hal yang terpenting karena kualitas sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan konsumen.

 


Usai mengetahui kriteria utama customer value proposition, kini Anda bisa membuat CVP yang efektif dengan menerapkan langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan Target Market Langkah pertama adalah menentukan target pasar. Anda tidak akan bisa membuat CVP tanpa mengetahui siapa yang menjadi audiens Anda. Sebab, CVP sendiri memang diperuntukkan bagi target pasar tersebut. Contohnya usaha laundry membidik target ekonomi atas bahkan sampai ekonomi menengah maupun rendah.

2. Kebutuhan dan Keinginan Target Market Sebelum mengembangkan produk (product development), Anda juga perlu memahami apa yang target pasar Anda inginkan/butuhkan dalam membuat CVP. Dengan demikian risiko kerugian (pure risk) seperti gagal produk bisa Anda cegah. Sehingga setelah mengetahui siapa target pasar Anda, maka langkah berikutnya adalah memetakan kebutuhan dan keinginan mereka. Caranya adalah dengan melakukan segmentasi, mengamati perilaku konsumen, menganalisis sentimen, hingga memahami kebiasaan mereka (consumer behavior). Dengan begitu, Anda akan menemukan product insights untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan market orientation, bersifat customer centric, dan mampu menjawab permasalahan yang customer hadapi.

 3. Manfaat dari Produk Langkah selanjutnya adalah menunjukkan manfaat dari produk. Apa yang membuat produk Anda berbeda dan layak untuk dipilih. Misalnya fitur yang lebih banyak, desain yang lebih baik, atau lain sebagainya. Dengan menunjukkan benefit atau manfaat produk dengan jelas, maka CVP pun akan menjadi semakin efektif. Sebab customer bisa mengetahui dengan pasti apa saja keunggulan yang produk Anda tawarkan dan manfaatnya untuk mereka.

4. Keunggulan dari Kompetitor Pada dasarnya, semua bisnis pasti memiliki kompetitor atau pesaing untuk memperebutkan market share atau pangsa pasar. Inilah sebabnya, Anda perlu melakukan strategi analisis pesaing atau competitive analysis guna mengetahui kelebihan dan kekurangan produk kompetitor. Dengan mengetahuinya, maka Anda bisa membuat CVP yang optimal. Jadikan produk Anda berbeda dari pesaing agar memiliki ciri khas dan citra brand (brand image) tersendiri. Selain itu, gunakan kekurangan dari produk pesaing sebagai “senjata” untuk lebih unggul dalam market positioning atau posisi di pasar. Dengan demikian, kesempatan agar produk Anda lebih standout pun akan semakin meningkat.

5. Komitmen pada Customer Tips membuat CVP yang terakhir adalah komitmen pada pelanggan. Ingatlah bahwa brand merupakan sebuah business asset yang berharga dan memiliki ekuitas (brand equity). Membangun branding pun bukanlah hal yang mudah untuk Anda lakukan. Sehingga saat Anda sudah memiliki pelanggan setia, berusahalah untuk terus berkomitmen menjaga kepercayaan pelanggan terhadap brand (brand authority). Dengan begitu, customer tak segan untuk melakukan repeat purchase atau pembelian berulang karena merasa puas dengan apa yang Anda berikan. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) inilah yang membuat peluang Anda untuk menaikkan angka retensi (customer retention) akan meningkat. Demikian adalah penjelasan mengenai customer value proposition yang perlu Anda ketahui. CVP sangatlah penting bagi perusahaan karena akan membantu dalam memahami lingkungan bisnis secara lengkap, serta memengaruhi tingkat penjualan (sales growth).



Nilai Pelanggan Nilai yang dipersepsikan pelanggan adalah selisih antara penilaian pelanggan prospektif atas semua manfaat dan biaya dari suatu penawaran terhadap alternatifnya Total manfaat pelanggan adalah nilai moneter kumpulan manfaat ekonomi, fungsional dan psikologis yang diharapkan pelanggan dari suatu penawaran pasar yang disebabkan oleh produk, jasa, personel dan citra yang terlibat.

Total biaya pelanggan adalah kumpulan biaya yang dipersepsikan yang diharapkan pelanggan untuk dikeluarkan dalam mengevaluasi, mendapatkan, menggunakan dan menyingkirkan suatu penawaran pasar, termasuk biaya moneter, waktu, energi dan psikologis Maka, nilai yang dipersepsikan pelanggan didasarkan pada selisih antara apa yang didapatkan pelanggan dan apa yang ia berikan untuk kemungkinan pilihan yang berbeda. Pemasar dapat meningkatkan nilai penawaran pelanggan melalui beberapa kombinasi peningkatan manfaat ekonomi, fungsional atau emosional dan atau mengurangi satu jenis biaya atau lebih Proposisi nilai adalah pernyataan tentang pengalaman yang akan didapatkan pelanggan dari penawaran pasar perusahaan dan dari hubungan mereka dengan pemasok.

Pesaing (competitor) merupakan faktor penting dalam menyusun keberhasilan pemasaran kadang kala kita merasa bahwa produk/jasa yang kita ciptakan sudah baik, akan tetapi perusahaan lain mungkin menciptakan produk yang lebih baik. Apalagi pada era copycat ini orang tinggal gampang meniru dan membuat produk dengan lebih baik serta lebih murah dari produk yang di tirunya.
Persaingan dalam usaha ini memang sudah sangat ramai, baik oleh laundry-laundry kecil hingga laundry-laundry yang bisa dikatakan sudah cukup besar dan memiliki nama. Dengan berbekalkan pelayanan yang baik serta harga layanan yang terjangkau, usaha ini diyakini dapat memiliki market growth yang tinggi. Terlebih potensi pasar untuk jasa laundry ini sangat besar sehingga dengan memberikan layanan yang baik, konsumen potensial akan didapatkan dan meningkatkan tingkat pertumbuhan pasar dari laundry ini.

    ANALISIS SDM

  - Kompetensi SDM
Kompetensi adalah ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seseorang, sehingga dia dapat mencapai performansi prima dalam suatu bidang pekerjaan, jadi anda dapat menelusuri untuk bidang pekerjaan anda, karakteristik apakah yang diperlukan agar dapat mencapai prestasi. Misalnya, untuk bidang marketing, kemampuan untuk mempersuasi pelanggan. Untuk bidang keuangan, kemampuan membaca dan menganalisis laporan keuangan, dsb.
Adapun  perencanaan  Sumber  Daya  Manusia  Laundry Anasty  Clean  meliputi aktivitas :
1.   Job Analysis (analisis jabatan)
Job Analysis adalah proses untuk mempelajari dan mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan suatu jabatan. Dengan kata lain, analisis jabatan dapat diartikan sebagai suatu proses yang sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis data dan informasi suatu jabatan.
2.   Penarikan (recruitment)
Penarikan (recruitment) adalah upaya mencari calon karyawan yang memenuhi syarat tertentu, sehingga perusahaan dapat memilih orang- orang yang paling tepat untuk mengisi lowongan yang ada.
3.   Pelatihan dan Pengembangan
Bagi pelamar yang lulus seleksi, tetapi belum memiliki pengalaman kerja, sebelum ditempatkan, terlebih dahulu perlu diberikan pelatihan. Untuk meningkatkan produktivitas karyawan direncanakan program  pelatihan dan pengembangan secara berkala tiap tahun.
4.   Kompensasi
Kompensasi merupakan imbalan yang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Kompensasi penting diperhatikan oleh organisasi dalam rangka mempertahankan sumber daya yang professional dan berkualitas. Dengan demikian, diperkirakan tidak ada karyawan yang keluar dalam perencanaan lima tahun beroperasinya Laundry Anasty Clean dan kualitas karyawan yang bekerja makin meningkat, sehingga meningkatkan tingkat produktivitas.
 
 
STRUKTUR ORGANISASI
 
Diperlukan tenaga 1 orang pekerja di tempat penerima cucian merangkap Admistrasi, 2 orang pekerja operasional yang di tempat pencucian, 1 orang untuk mencuci, dan 1 orang lagi untuk setrika pakaian dan 1 orang tenaga pemasaran sekaligus sebagai petugas antar jemput.
 

Job Description (Deskripsi Pekerjaaan) :
1.    Bagian administrasi (kasir) bertugas menerima pakaian yang ingin dicuci dan disetrika, menimbang dan membuat nota pembayaran. Jika konsumen membayar lunas di muka, maka nota tersebut dicap “Lunas”, tetapi jika konsumen belum membayar, maka pembayaran dapat dilakukan pada saat pengambilan cucian.
2.    Bagian keuangan bertugas menentukan prosedur penetapan dan perhitungan pembelian bahan baku serta membuat neraca dan laporan laba rugi.
3.    Bagian operasional bertugas mencuci dan menyetrika pakaian. Setelah pakaian telah dicuci dan disetrika, kemudian bertugas mengemasi pakaian tersebut sesuai nomor urut dan jumlah pakaian.
4.    Bagian pemasaran bertugas untuk mempromosikan usaha.
 

Komentar

Postingan Populer