Tugas Sesi 4
Saturday 15 April 2023
NAMA : ANAS
ARIANSYAH
NIM : 20210201097
JURUSAN
: TEKNIK INDUSTRI
MAKUL :
KEWIRAUSAHAAN 2 (UNV 322)
Analisa Konsumen
-
Segmentasi
Segmen
pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang
sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pemasar, maka akan lebih mudah
untuk memuaskan keinginan target. Secara umum target market dari laundry ini adalah
masyarakat Kota Jakarta Selatan yang berdomisili di Jl. Masjid Darul Falah, Pesanggrahan dan sekitarnya. Orang-orang
yang berusia 16-45 tahun, para pelajar atau mahasiswa, pasangan rumah tangga
baru, yang berpenghasilan Rp. 2.000.000 - Rp. 10.000.000 per bulan.
Pergeseran
gaya hidup serta tuntutan kebutuhan ekonomi menyebabkan sebagaian besar
masyarakat Jakarta Selatan menjadi keluarga super
sibuk. Hampir semua anggota keluarga, baik suami maupun istri dituntut memiliki
mobilitas tinggi dan menghabiskan sebagian
besar waktunya pada aktifitas di
luar rumah. Hal itu tidak ayal menyebabkan beberapa urusan di dalam rumah
kurang menjadi perhatian karena setelah lelah seharian bekerja yang terpikir
sesampai di rumah adalah istirahat. Pekerjaan mencuci dan menyetrika baju
misalnya, kerap kali menjadi urusan yang merepotkan sehingga butuh orang lain
sebab mau tidak mau penampilan yang bersih dan trendy diperlukan untuk
mendukung setiap kegiatan.
Maka
tidak salah apabila laundry merupakan salah satu bisnis jasa yang pasti akan
terus berkembang. Tidak hanya di DKI Jakarta, di kota-kota besar lainnya pun, pasarnya cukup menggiurkan. Secara
garis besar, saat ini berkembang dua jenis binatu berdasarkan model
penghitungan biaya. Yang terlebih dahulu ada yakni berdasarkan jumlah pakaian
per potong, kemudian menyusul model laundry dengan menghitung berat cucian atau
laundry kiloan yang belakangan mulai marak. Sebelum usaha ini didirikan, telah
dilakukan penelitian terlebih dahulu tentang peluang dan
market yang ada. Lewat informasi yang didapat tersebut, maka dapat
dilihat siapakah konsumen potensial dari usaha ini dan bagaimana cara memuaskan
konsumen tersebut.
- Targeting
Target
pasar dari usaha ini terutama masyarakat yang ada disekitar tempat usaha dan
pengembangan selanjutnya ke daerah-daerah potensial, jika diidentifikasi maka
segmen dari usaha ini antara lain :
1. Mahasiswa yang tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah dan sekitarnya
2. Pelajar/Mahasiswa
3. Keluarga Muda.
4. Para pekerja swasta.
5. Masyarakat (PNS/Tentara/dl).
3. Positioning
Strategi Promosi
Perusahaan akan melakukan
strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang
disampaikan bersifat informative advertising. Metode yang paling sederhana
dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut.
Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas
penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi yang lain adalah melalui
median promosi, seperti:
1.
Dengan selebaran ataun flyer, iklan murah dan dapat dilakukan untuk
member informasi terhadap calon konsumen.
2.
Dengan media banner yang akan di letakkan di berbagai tempat strategis
yang tentunya pesan atau isinya dapat tersampaikan kepada calon konsumen.
3.
Poster akan di tempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon
konsumen.
4.
Spanduk akan di letakkan pada tempat-tempat yang dinilai efektif dalam
menyampaikan pesan yang akan terkandung di dalamnya.
5.
Koran yang dipilih adalah Koran lokal yang sesuai dengan segmen pasar
yang akan dicapai oleh perusahaan.
6. Radio. Media radio ini adalah salah satu media informasi yang cukup
informatif untuk mencapai calon konsumen.
Melalui media-media komunikasi
dan special offers (tawaran- tawaran
spesial) tersebut, perusahaan berharap informasi-informasi yang disampaikan
akan dapat ditangkap oleh calon konsumen. Dengan melakukan promosi di
media-media iklan tersebut perusahaan juga bertujuan untuk menciptakan brand
awareness (kemampuan dari calon konsumen untuk mengenali atau menyebutkan
kembali suatu merek) dan memperkenalkan produk.
Strategi Penetapan Harga
Dalam menentukan harga salah
satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang merujuk pada target pasar dan
pesaing. Target pasar kami adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uang saku yang
terbatas. Adapun jumlah pesaing dalam
bisnis yang serupa di sekitar lokasi usaha kami cukup banyak, sehingga dalam
penetapan harga Laundry Anasty Clean tidak menentukan pada harga yang
tinggi. Untuk jenis pakaian (termasuk
kaos, kemeja, celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg), Laundry Anasty Clean menetapkan harga Rp. 6000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non
pakaian yang membutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda. Adapun harga-
harga untuk layanan cuci dan setrika non pakaian adalah:
Bisnis Laundry Anasty Clean memilih tempat yang berada di daerah pemukiman penduduk, seperti di
daerah rumah kos atau rumah kontrakan.
Strategi Distribusi (Lokasi)
Bisnis Laundry Anasty Clean memilih tempat yang berada di daerah
pemukiman penduduk, seperti di daerah rumah kos atau rumah kontrakan.
·
Temukan Unique Selling Point (USP)
Keunggulan Produk
1.
Tempat yang nyaman dan nyaman.
2.
Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
3.
Harga terjangkau.
4.
Menggu nakan bahan-bahan yang
tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.
5.
Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses
pencucian, proses pengeringan dan proses setrika.
6.
Tersedia setrika uap
yang dapat digunakan
untuk menyetrika pakaian dari
bahan khusus.
7.
Sabun bermutu baik.
8.
Menggunakan pewangi pakaian tahan lama.
9.
Cucian tidak di campur dengan orang lain.
10. Control terhadap kepemilikkan
baju yang baik, sehinngga tidak ada baju yang hilang.
11. Perawatan warna baju yanga
baik.
12. Diskon untuk 10 kali cuci.
13. Layanan antar jemput.
Produk utama kami adalah jasa
pencucian (laundry). Tidak seperti jasa pencucian pada umumnya, laundry umumnya
menggunakan mesin, dimana mencuci dengan menggunakan mesin sering sekali
mendapatkan keluhan karena kebersihannya, rusaknya warna dan bahan. Oleh karena
itu, kami menawarkan jasa pencucian yang berbeda. Jasa pencucian kami
menggunakan tenaga manusia terlatih untuk mencucinya, menjaga dan merawat bahan
dan warna bahan, menjamin kebersihan hasil pencucian. Setelah pakaian dicuci
kemudian jasa setrika juga disediakan sampai pakaian siap pakai. Selain jasa
tersebut diatas, perusahaan juga memberikan fasilitas tambahan untuk antar jemput
pakaian (delivery) dan service cepat (one day service). Produk layanan utama
dan layanan tambahan diyakini dapat meningkatkan nilai produk terhadap
konsumen.
·
Susun campaign yang disukai target pasar
Strategi Promosi
Perusahaan akan melakukan
strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang
disampaikan bersifat informative advertising. Metode yang paling sederhana
dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut.
Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas
penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi yang lain adalah melalui
median promosi, seperti:
1.
Dengan selebaran ataun flyer, iklan murah dan dapat dilakukan untuk
member informasi terhadap calon konsumen.
2.
Dengan media banner yang akan di letakkan di berbagai tempat strategis
yang tentunya pesan atau isinya dapat tersampaikan kepada calon konsumen.
3.
Poster akan di tempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon
konsumen.
4.
Spanduk akan di letakkan pada tempat-tempat yang dinilai efektif dalam
menyampaikan pesan yang akan terkandung di dalamnya.
5.
Koran yang dipilih adalah Koran lokal yang sesuai dengan segmen pasar
yang akan dicapai oleh perusahaan.
6. Radio. Media radio ini adalah salah satu media informasi yang cukup
informatif untuk mencapai calon konsumen.
Melalui media-media komunikasi
dan special offers (tawaran- tawaran
spesial) tersebut, perusahaan berharap informasi-informasi yang disampaikan
akan dapat ditangkap oleh calon konsumen. Dengan melakukan promosi di
media-media iklan tersebut perusahaan juga bertujuan untuk menciptakan brand
awareness (kemampuan dari calon konsumen untuk mengenali atau menyebutkan
kembali suatu merek) dan memperkenalkan produk.
Berdasarkan data di atas, strategi STP yang kamu susun adalah sebagai
berikut. Dari segi penentuan segmentasi, empat faktor berikut akan membantumu
menentukan segmen pasar:
Analisis
tentang target market dari laundry ini melalui aspek geografis dan demografis :
1. Geografis
a. Mahasiswa yang bertempat tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah dan sekitarnya.
b. Pelajar yang bertempat tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah maupun daerah sekitarnya.
c. Para pekerja muda yang sibuk dengan aktifitas kerja.
d. Para keluarga muda yang
suami dan istri sibuk dengan kegiatan masing-masing.
e. Masyarakat yang bertempat tinggal di Jakarta selatan pada umumnya, namun
khususnya bertempat tinggal di Jl. Masjid Darul Falah
2. Demografis
a. Mahasiswa baik pria maupun
wanita.
b. Pelajar baik pria maupun
wanita.
c. Masyrakat Banjarbaru yang berprofesi sebagai
karyawan dan PNS/TNI/POLRI dll.
d. Umur antara 16-45 tahun. Pada usia tersebut, para
mahasiswa dan pelajar akan mulai berbagai aktifitas perkuliahan dan
kemahasiswaan yang sangat tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri pakaian
mereka. Sedangkan untuk para karywan maupun pekerja, karena kesibukkan mereka
Tindak Lanjut
Dalam merencanakan bisnis Laundry Anasty Clean ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Perlunya peningkatan motivasi
karyawan untuk lebih dapat bekerja seoptimal mungkin, sehingga dapat menghasilkan
jasa yang berkualitas dan dapat meningkatkan penjualan.
2. Berorientasi pada pemenuhan
kebutuhan konsumen secara personal, sehingga laundry ini memiliki komitmen yang
kuat untuk dapat memenuhi kebutuhan konsemen akan hasil cucian yang bersih, baik
dan cepat dengan cara cucian tiap konsumen tidak akan dicampur dengan konsumen
lain.
3. Harga yang terjangkau, karena
target market adalah mahasiswa, pelajar dan karyawan yang memiliki uang yang
terbatas, maka biaya pelayanan laundry ini dibuat agar terjangkau bagi mereka.
4. Pemilihan karyawan yang baik,
ulet dan bertanggung jawab akan sangat mendukung terhadap pengembangan usaha.
5. Promosi yang baik juga akan
menjadi kunci keberhasilan usaha ini.
Kesimpulan
Berdasarkan uraian pada Bab terdahulu maka dalam
penyusunan rencana bisnis Laundry Anasty Clean ini, ada beberapa kesimpulan
yang dapat dikemukakan, yaitu:
1. Perencanaan bisnis Laundry Anasty Clean memperhatikan beberapa aspek, yaitu aspek pasar, aspek produksi,
analisis SDM, rencana pengembangan usaha, pemanfaatan IT, analisis keuangan,
dan analisis resiko.
2. Berdasarkan hasil perhitungan
BEP (Break Even Point), maka dalam waktu 12 bulan, modal awal usaha sebesar Rp.
16.744.000 akan kembali.
3. Rencana arus kas dilakukan pada
awal tahun pertama. Setelah saldo kas akhir tahun pertama diketahui dari
rencana arus kas, kemudian dilakukan proyeksi laporan arus kas untuk 5 tahun ke
depan berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 %.
Komentar
Posting Komentar