Strategi STP Marketing (Segmenting, Targeting, Positioning) dalam Dunia Bisnis

 

Tugas Sesi 4

Saturday 15 April 2023




 

NAMA      : ANAS ARIANSYAH

NIM          : 20210201097

JURUSAN : TEKNIK INDUSTRI

MAKUL     : KEWIRAUSAHAAN 2 (UNV 322)

 

           Analisa Konsumen

- Segmentasi

Segmen pasar terdiri dari kelompok pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama. Dengan mengetahui dan mengenali segmen pemasar, maka akan lebih mudah untuk memuaskan keinginan target. Secara umum target market dari laundry ini adalah masyarakat Kota Jakarta Selatan yang berdomisili di Jl. Masjid Darul Falah, Pesanggrahan dan sekitarnya. Orang-orang yang berusia 16-45 tahun, para pelajar atau mahasiswa, pasangan rumah tangga baru, yang berpenghasilan Rp. 2.000.000 - Rp. 10.000.000 per bulan.

Pergeseran gaya hidup serta tuntutan kebutuhan ekonomi menyebabkan sebagaian besar masyarakat Jakarta Selatan menjadi keluarga super sibuk. Hampir semua anggota keluarga, baik suami maupun istri dituntut memiliki mobilitas tinggi dan menghabiskan sebagian  besar  waktunya pada aktifitas di luar rumah. Hal itu tidak ayal menyebabkan beberapa urusan di dalam rumah kurang menjadi perhatian karena setelah lelah seharian bekerja yang terpikir sesampai di rumah adalah istirahat. Pekerjaan mencuci dan menyetrika baju misalnya, kerap kali menjadi urusan yang merepotkan sehingga butuh orang lain sebab mau tidak mau penampilan yang bersih dan trendy diperlukan untuk mendukung setiap kegiatan.

Maka tidak salah apabila laundry merupakan salah satu bisnis jasa yang pasti akan terus berkembang. Tidak hanya di DKI Jakarta, di kota-kota besar lainnya pun, pasarnya cukup menggiurkan. Secara garis besar, saat ini berkembang dua jenis binatu berdasarkan model penghitungan biaya. Yang terlebih dahulu ada yakni berdasarkan jumlah pakaian per potong, kemudian menyusul model laundry dengan menghitung berat cucian atau laundry kiloan yang belakangan mulai marak. Sebelum usaha ini didirikan, telah dilakukan penelitian terlebih dahulu tentang peluang  dan  market yang ada. Lewat informasi yang didapat tersebut, maka dapat dilihat siapakah konsumen potensial dari usaha ini dan bagaimana cara memuaskan konsumen tersebut.

 

-       Targeting

Target pasar dari usaha ini terutama masyarakat yang ada disekitar tempat usaha dan pengembangan selanjutnya ke daerah-daerah potensial, jika diidentifikasi maka segmen dari usaha ini antara lain :

1. Mahasiswa yang tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah dan sekitarnya

2. Pelajar/Mahasiswa

3. Keluarga Muda.

4. Para pekerja swasta.

5. Masyarakat (PNS/Tentara/dl).

 


3. Positioning

  Strategi Promosi

Perusahaan akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang disampaikan bersifat informative advertising. Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi yang lain adalah melalui median promosi, seperti:
1.    Dengan selebaran ataun flyer, iklan murah dan dapat dilakukan untuk member informasi terhadap calon konsumen.
2.    Dengan media banner yang akan di letakkan di berbagai tempat strategis yang tentunya pesan atau isinya dapat tersampaikan kepada calon konsumen.
3.    Poster akan di tempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon konsumen.
4.    Spanduk akan di letakkan pada tempat-tempat yang dinilai efektif dalam menyampaikan pesan yang akan terkandung di dalamnya.
5.    Koran yang dipilih adalah Koran lokal yang sesuai dengan segmen pasar yang akan dicapai oleh perusahaan.
6.    Radio. Media radio ini adalah salah satu media informasi yang cukup informatif untuk mencapai calon konsumen.
Melalui media-media komunikasi dan special offers  (tawaran- tawaran spesial) tersebut, perusahaan berharap informasi-informasi yang disampaikan akan dapat ditangkap oleh calon konsumen. Dengan melakukan promosi di media-media iklan tersebut perusahaan juga bertujuan untuk menciptakan brand awareness (kemampuan dari calon konsumen untuk mengenali atau menyebutkan kembali suatu merek) dan memperkenalkan produk.
 
Strategi Penetapan Harga
 
Dalam menentukan harga salah satunya yang kami pertimbangkan adalah harga yang merujuk pada target pasar dan pesaing. Target pasar kami adalah mahasiswa dan pelajar memiliki uang saku yang terbatas. Adapun jumlah pesaing dalam bisnis yang serupa di sekitar lokasi usaha kami cukup banyak, sehingga dalam penetapan harga Laundry Anasty Clean  tidak menentukan pada harga yang tinggi. Untuk jenis pakaian (termasuk kaos, kemeja, celana) dihitung berdasarkan kilogram (kg),  Laundry Anasty Clean menetapkan harga Rp. 6000/kg. Sedangkan, penawaran harga untuk non pakaian yang membutuhkan layanan cuci-setrika ini berbeda-beda. Adapun harga- harga untuk layanan cuci dan setrika non pakaian adalah:
 
 
Bisnis  Laundry Anasty Clean memilih tempat yang berada di daerah pemukiman penduduk, seperti di daerah rumah kos atau rumah kontrakan.
 
  Strategi Distribusi (Lokasi)
 
Bisnis Laundry Anasty Clean  memilih tempat yang berada di daerah pemukiman penduduk, seperti di daerah rumah kos atau rumah kontrakan.

·         Temukan Unique Selling Point (USP)

Keunggulan Produk

1.    Tempat yang nyaman dan nyaman.
2.    Pelayanan yang cepat, cermat, dan memuaskan (mengutamakan kualitas).
3.    Harga terjangkau.
4.    Menggu nakan bahan-bahan yang  tidak menimbulkan kerusakan warna atau bahan pakaian.
5.    Tersedia area basah dan area kering, sehingga tidak mengganggu proses pencucian, proses pengeringan dan proses setrika.
6.    Tersedia  setrika  uap  yang  dapat  digunakan  untuk  menyetrika pakaian dari bahan khusus.
7.    Sabun bermutu baik.
8.    Menggunakan pewangi pakaian tahan lama.
9.    Cucian tidak di campur dengan orang lain.
10. Control terhadap kepemilikkan baju yang baik, sehinngga tidak ada baju yang hilang.
11. Perawatan warna baju yanga baik.
12. Diskon untuk 10 kali cuci.
13. Layanan antar jemput.

 Produk utama kami adalah jasa pencucian (laundry). Tidak seperti jasa pencucian pada umumnya, laundry umumnya menggunakan mesin, dimana mencuci dengan menggunakan mesin sering sekali mendapatkan keluhan karena kebersihannya, rusaknya warna dan bahan. Oleh karena itu, kami menawarkan jasa pencucian yang berbeda. Jasa pencucian kami menggunakan tenaga manusia terlatih untuk mencucinya, menjaga dan merawat bahan dan warna bahan, menjamin kebersihan hasil pencucian. Setelah pakaian dicuci kemudian jasa setrika juga disediakan sampai pakaian siap pakai. Selain jasa tersebut diatas, perusahaan juga memberikan fasilitas tambahan untuk antar jemput pakaian (delivery) dan service cepat (one day service). Produk layanan utama dan layanan tambahan diyakini dapat meningkatkan nilai produk terhadap konsumen.

·         Susun campaign yang disukai target pasar

Strategi Promosi

Perusahaan akan melakukan strategi promosi menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Iklan yang disampaikan bersifat informative advertising. Metode yang paling sederhana dalam strategi promosi adalah dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut. Perusahaan meyakini walaupun strategi ini sangat sederhana namun efektifitas penyampaian pesannya juga cukup signifikan. Strategi yang lain adalah melalui median promosi, seperti:
1.    Dengan selebaran ataun flyer, iklan murah dan dapat dilakukan untuk member informasi terhadap calon konsumen.
2.    Dengan media banner yang akan di letakkan di berbagai tempat strategis yang tentunya pesan atau isinya dapat tersampaikan kepada calon konsumen.
3.    Poster akan di tempel di berbagai tempat yang dapat terbaca oleh calon konsumen.
4.    Spanduk akan di letakkan pada tempat-tempat yang dinilai efektif dalam menyampaikan pesan yang akan terkandung di dalamnya.
5.    Koran yang dipilih adalah Koran lokal yang sesuai dengan segmen pasar yang akan dicapai oleh perusahaan.
6.    Radio. Media radio ini adalah salah satu media informasi yang cukup informatif untuk mencapai calon konsumen.
Melalui media-media komunikasi dan special offers  (tawaran- tawaran spesial) tersebut, perusahaan berharap informasi-informasi yang disampaikan akan dapat ditangkap oleh calon konsumen. Dengan melakukan promosi di media-media iklan tersebut perusahaan juga bertujuan untuk menciptakan brand awareness (kemampuan dari calon konsumen untuk mengenali atau menyebutkan kembali suatu merek) dan memperkenalkan produk.
 

Berdasarkan data di atas, strategi STP yang kamu susun adalah sebagai berikut. Dari segi penentuan segmentasi, empat faktor berikut akan membantumu menentukan segmen pasar:

Analisis tentang target market dari laundry ini melalui aspek geografis dan demografis :

1. Geografis

a. Mahasiswa yang bertempat tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah dan sekitarnya.

b. Pelajar yang bertempat tinggal di daerah Jl. Masjid Darul Falah maupun daerah sekitarnya.

c. Para pekerja muda yang sibuk dengan aktifitas kerja.

d. Para keluarga muda yang suami dan istri sibuk dengan kegiatan masing-masing.

e. Masyarakat yang bertempat tinggal di Jakarta selatan pada umumnya, namun khususnya bertempat tinggal di Jl. Masjid Darul Falah

2. Demografis

a. Mahasiswa baik pria maupun wanita.

b. Pelajar baik pria maupun wanita.

c. Masyrakat Banjarbaru yang berprofesi sebagai karyawan dan PNS/TNI/POLRI dll.

     d. Umur antara 16-45 tahun. Pada usia tersebut, para mahasiswa dan pelajar akan mulai berbagai    aktifitas perkuliahan dan kemahasiswaan yang sangat tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri pakaian mereka. Sedangkan untuk para karywan maupun pekerja, karena kesibukkan mereka

      Tindak Lanjut

Dalam merencanakan bisnis Laundry Anasty Clean  ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1.    Perlunya peningkatan motivasi karyawan untuk lebih dapat bekerja seoptimal mungkin, sehingga dapat menghasilkan jasa yang berkualitas dan dapat meningkatkan penjualan.
2.    Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan konsumen secara personal, sehingga laundry ini memiliki komitmen yang kuat untuk dapat memenuhi kebutuhan konsemen akan hasil cucian yang bersih, baik dan cepat dengan cara cucian tiap konsumen tidak akan dicampur dengan konsumen lain.
3.    Harga yang terjangkau, karena target market adalah mahasiswa, pelajar dan karyawan yang memiliki uang yang terbatas, maka biaya pelayanan laundry ini dibuat agar terjangkau bagi mereka.
4.    Pemilihan karyawan yang baik, ulet dan bertanggung jawab akan sangat mendukung terhadap pengembangan usaha.
5.    Promosi yang baik juga akan menjadi kunci keberhasilan usaha ini.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian pada Bab terdahulu maka dalam penyusunan rencana bisnis Laundry Anasty Clean ini, ada beberapa kesimpulan yang dapat dikemukakan, yaitu:
 
1.    Perencanaan bisnis Laundry Anasty Clean memperhatikan beberapa aspek, yaitu aspek pasar, aspek produksi, analisis SDM, rencana pengembangan usaha, pemanfaatan IT, analisis keuangan, dan analisis resiko.
2.    Berdasarkan hasil perhitungan BEP (Break Even Point), maka dalam waktu 12 bulan, modal awal usaha sebesar Rp. 16.744.000 akan kembali.
3.    Rencana arus kas dilakukan pada awal tahun pertama. Setelah saldo kas akhir tahun pertama diketahui dari rencana arus kas, kemudian dilakukan proyeksi laporan arus kas untuk 5 tahun ke depan berdasarkan estimasi proyeksi peningkatan proyek penjualan sebesar 25 %.

Komentar

Postingan Populer