Pemasaran Digital Marketing
Nama : Anas Ariansyah
NIM : 20210201097
Jurusan : Teknik Industri
Makul :Kewirausahaan (UNV 322)
Dosen Pengampu : ANDI HIDAYAT MUHMIN , SE, MM.
Pemasaran Digital Marketing
Pengertian Digital Marketing
Digital Marketing merupakan istilah yang diberikan dalam memasarkan suatu barang atau jasa yang ditargetkan, terukur serta interaktif dengan bantuan teknologi digital melalui internet, dengan begitu pemasar dapat melihat updatean yang diberikan dalam hal pemasaran sehingga memudahkan dalam memberikan layanan dan informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan secara jelas dan cepat.
Manfaat dan Kegunaan Dari Digital Marketing
Manfaat dan kegunaan yang diperoleh dari e-market memiliki aspek berupa promosi merek, membentuk preferensi, merincikan tugas kerja dalam hal pemasaran, apa capaian tugas yang telah dicapai, jumlah penjualan, waktu penjualan serta meningkatkan traffic penjualan. Secara rinci, manfaat dan kegunaannya sebagai berikut :
1. Meningkatkan pangsal suatu pasar,
2. Meningkatkan jumlah pendapatan penjualan,
3. Mengurangi biaya distribusi serta promosi,
4. Meningkatkan kesadaran merek dagang,
5. Meningkatkan jumlah ulasan pelanggan pada sebuah halaman atau blog,
6. Meningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian dan tingkat referensi pelanggan,
7. Meningkatkan anggota, mitra dan mengoptimalkan persediaan barang atau jasa serta memperbaiki manajemen rantai suplai barang atau jasa.
Pengertian Chat GPT (Generative Pre-training Transformer)
Chat GPT adalah sebuah teknologi chatbot yang memproses bahasa secara alami atau Natural Language Processing (NLP) yang dikembangkan oleh Open AI dengan menggunakan arsitektur “Transformer”. Transformer merupakan cara baru yang membuat program computer mampu memahami dan mengolah bahasa manusia dengan lebih baik.
GPT (Generative Pre-trained Transformer) dibuat dengan cara mengajari komputer dalam menggunakan teks besar yang ada di internet kemudian menjadikannya pengetahuan yang telah dipelajari oleh komputer sehingga mampu menyelesaikan tugas secara spesifik seperti menulis, menerjemahkan atau menjawab pertanyaan yang ada di blog atau halaman.
Peran Chat GPT (Generative Pre-training Transformer) dalam Digital Marketing pada Era Now
Dalam era dunia Society 5.0 masyarakat lebih menyukai hal yang cepat dan praktis dalam mendapatkan dan memperoleh informasi. Chat GPT dapat membantu menyelesaikan masalah seperti memberikan informasi dengan cepat kepada pelanggan dengan mempelajari dan memahami konteks percakapan dan menghasilkan teks yang bermakna sama dengan manusia sehingga saat melakukan promosi lewat internet bisa dengan otomatis Chat GPT membantu menjawab pertanyaan pelanggan yang ditinggalkan di halaman atau website sehingga pelanggan merasa mendapat perhatian dan tanggapan yang cepat sesuai keinginan pelanggan, dengan kata lain pemilik tidak perlu aktif selama 24 jam.
Kesimpulan
Peran Chat GPT sangat membantu dalam dunia Digital Marketing terutama di era yang informasi mudah dan cepat diperoleh akan tetapi sebagai seorang pembisnis tetap harus melakukan kontrol dalam hal melakukan promosi di internet. Chat GPT selain memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan seperti Ketidak akuratan informasi yang diperoleh, pemahaman yang terbatas sama halnya seperti google perambah, tidak memiliki emosi sehingga sulit mengikat emosi dengan pelanggan sehingga sangat perlu dilakukan pemantauan sendiri mengenai penjualan, traffic dan lain-lain
Komentar
Posting Komentar